Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah saya. A Bintang Pratama

Senin, 01 November 2010

HMJ, Sebuah Pemaknaan


HMJ, Sebuah Pemaknaan

HMJ adalah sebuah Himpunan mahasiswa yang menaungi seluruh mahasiswa Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran. Di mata para senior yang saya wawancarai, hampir semuanya mengatakan bahwa HMJ merupakan rumah kedua dan keluarga kedua bagi mereka. Selain itu juga ada yang beranggapan bahwa HMJ merupakan sebuah perkumpulan tempat menuangkan kreativitas dan juga tempat kita mempelajari apa yang tidak dipelajari di perkuliahan.
Dilihat dari hasil perkataan para senior itu, saya mengambil kesimpulan bahwa HMJ merupakan sebuah himpunan yang bisa menjadi rumah kedua, menjadi keluarga kedua, dan juga tempat menyalurkan kreativitas yang tidak dapat dilakukan saat kuliah. Tapi dalam pengaplikasiannya, kegiatan yang dilakukan HMJ banyak yang tidak berjalan. Itu dikarenakan oleh terdapat banyak kekurangan yang ada di dalam HMJ, di antaranya SDM yang kurang, dana yang kurang, dan juga waktu yang sedikit gara-gara terlalu padatnya kegiatan perkuliahan.
Selain masalah di atas, masih ada masalah yang lebih pelik lagi, yaitu masalah gap antar angkatan. Masalah ini sulit untuk dihilangkan dari diri HMJ karena gap-gap-an sudah terjadi dari angkatan-angkatan atas. Memang pada angkatan 2005, hubungan antara HMJ dengan angkatan-angkatan atas sangat solid dan kuat. Namun semakin kesini hubungan itu sudah semakin memudar, itu dikarenakan para angkatan atas beranggapan bahwa angkatan-angkatan yang muda, yang baru diterima menjadi keluarga HMJ, kurang memperkenalkan dirinya ke angkatan atas.
Namun walaupun terjadi gap-gap-an antara angkatan sekarang dan angkatan atas, hubungan pengurus HMJ sekarang dengan anggota yang tidak jadi pengurus baik-baik saja, bahkan sangat baik secara personal. Banyak juga yang beranggapan bahwa HMJ adalah sebuah himpunan yang eksklusif atau kegiatan yang dilakukannya tidak diketahui atau tidak terlihat oleh hima-hima lain yang ada di Fikom. Tapi sebenarnya HMJ sudah membuat agar acara yang mereka buat dilihat oleh hima-hima dan mahasiswa dari jurusan lain, hanya saja karena mungkin hima-hima lain itu segan kepada HMJ jadi mereka bilang bahwa HMJ itu hima yang eksklusif atau tertutup untuk umum.
Sejalan dengan berjalannya waktu, banyak yang menganggap bahwa HMJ sudah mulai kehilangan “taring”nya. Taring dalam hal ini adalah kekuatan HMJ yang dulu sangat kuat dan sangat disegani di Fikom Unpad, tapi sekarang sudah mulai tergeser oleh jurusan lain yang terus berbenah. Tidak ada yang tahu kapan dan mengapa kekuatan HMJ bisa menurun, tapi ada yang mengatakan bahwa masalah pindahnya sekre dari gedung 2 ke Student Center adalh salah satu penyebab kekuatan HMJ menurun. Selain itu juga para senior Fikom angkatan 2006 ke atas mengatakan bahwa HMJ sekarang telah melemah karena hubungan antar angkatannya kurang.
Walaupun ada yang mengatakan HMJ sekarang melemah, banyak yang mengatakan bahwa kepengurusan HMJ yang sekarang, periode 2010-2011, sudah berjalan dengan sangat baik. Mulai dari Ketua Umumnya, lalu Ketua Satu dan Dua, sampai anggota per divisinya bekerja dengan cukup baik. Namun tidak sedikit pula yang bilang bahwa memang Ketua Umum periode 2010-2011 sudah bekerja baik, tapi kinerja anggota-anggota tiap divisinya kurang baik. Biasanya dari 10 orang anggota suatu divisi, mungkin hanya 3-4 orang yang sungguh-sungguh menjalankan prokernya.
Selain itu, sering kali proker-proker yang dibuat oleh HMJ banyak yang tidak terselenggara. Kendalanya banyak, hampir sama dengan kekurangan HMJ. Mulai dari dana, lalu waktu, dan juga banyak mahasiswa yang sengaja menunda-nunda untuk bisa kumpul untuk membicarakan proker dengan alasan kuliah, banyak tugas, dll. hal itu juga bisa jadi salah satu penyebab menurunnya kinerja HMJ sekarang. Padahal, hubungan antara pengurus HMJ dengan para anggota yang seangkatan dengan pengurus sudah baik, hanya ada kalanya para anggota HMJ itu jarang diajak untuk ikut rapat, padahal anggota HMJ juga merupakan bagian dari HMJ. Namun ada anggapan bahwa HMJ hanya pengurusnya saja, padahal anggota HMJ yang tidak menjadi pengurus juga merupakan HMJ.
Banyak harapan-harapan bagi HMJ dan saya beserta teman-teman selaku Jurnal ’09 dan calon anggota HMJ. Untuk HMJ, banyak yang berharap agar kinerja HMJ bisa lebih baik lagi untuk ke depannya, HMJ harus benar-benar berperan sebagai sebuah himpunan, HMJ harus bisa merangkul mahasiswa jurnalistik semua angkatan, perbanyak program eksternal agar lebih dikenal di luar Fikom dan Unpad, tiap anggota HMJ bisa lebih akrab dan saling peduli, semoga HMJ kembali bisa Berjaya di Fikom Unpad, dan agar HMJ bisa mengakrabkan semua angkatan mahasiswa jurnalistik. Untuk Jurnal angkatan 2009, hampir semua mengatakan agar Jurnal ’09 bisa menjadi partner yang baik setelah lulus OJ dan diterima sebagai anggota HMJ.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah HMJ sedang mengalami masa penurunan yang membuat kinerja HMJ di Fikom Unpad menjadi berkurang. Itu disebabkan oleh banyak masalah yang tidak diketahui kapan dimulainya masalah tersebut. Namun walaupun begitu, HMJ sudah mencoba melakukan perubahan. Memang butuh waktu yang tidak sebentar, tapi bukan berarti HMJ tidak bisa kembali menjadi Hima yang disegani di Fikom. HMJ pasti bisa menjadi Hima yang disegani di Fikom lagi, dengan bantuan dari dalam, yaitu dari para pengurus HMJ, dan dari luar, yaitu para anggota HMJ yang tidak menjadi pengurus di HMJ.
Selain itu harapan-harapan yang diberikan untuk HMJ juga berlimpah. Namun yang pasti adalah harapan bagi HMJ kedepannya adalah agar HMJ bisa menjadi Hima yang disegani di Fikom, HMJ bisa merangkul semua angkatan mahasiswa jurnalistik tidak terkecuali, dan juga HMJ harus bisa mengharumkan namanya bukan hanya di Fikom dan Unpad saja, tapi juga harus bisa mengharumkan namanya di luar Unpad.
Makna HMJ adalah HMJ sebuah himpunan mahasiswa yang menaungi seluruh mahasiswa jurnalistik. HMJ adalah keluarga kedua dan rumah kedua bagi anggota dan pengurus HMJ. Dan HMJ adalah tempat bagi para mahasiswa jurnalistik untuk bisa mengaspirasikan keinginannya dan melakukan kreativitas yang tidak bisa dilakukan di dunia perkuliahan. Dan saya beserta teman-teman Jurnal ’09 berharap bisa diterima di HMJ dengan baik oleh seluruh mahasiswa jurnalistik yang dinaungi oleh HMJ sebagai anggota HMJ yang baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar